Gunung Wilis Keluarkan Lelehan Lahar Dingin,Benarkah???

“Gunung Wilis Keluarkan Lelehan Lahar Dingin,Benarkah???”

Peta95.blogspot.com-Gunung Wilis kembali aktif? Sepekan terakhir gunung yang berada di tiga wilayah kabupaten, Kediri, Madiun dan Ponorogo ini ditengarai keluarkan lahar dingin, berupa lumpur air warna coklat. Dampaknya, terjadi tanah retak dan longsor di alur lelehan lahar.


Beberapa tahun silam, fenomena alam ini juga terjadi. Bahkan lebih dahsyat dan memancing polemik. Ujudnya, suara dentuman dari kedalaman tanah, yang membawa dampak retakan tanah memanjang dari atas ke bawah.
Sepekan terakhir Gunung Wilis kembali menggeliat. Lumpur coklat bercampur air meleleh dari atas, mengakibatkan jalur yang terlewati retak dan longsor.
Takut terkena longsoran, warga yang tinggal di lereng Gunung Willis, Ponorogo, Jawa Timur, membongkar rumahnya. mereka lebih memilih mengungsi ke rumah saudara maupun ke balai desa setempat.
Fenomena alam ini terjadi di Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Banyak warga merasa resah dan dilanda kekhawatiran.
Seperti yang dirasakan Sujarno, warga setempat. Kini lantai rumahnya mulai retak-retak.Takut terjadi sesuatu, dia membongkar rumah dan menyelamatkan harta bendanya. sementara keluarga mengungsi ke balai desa.
Dikatakan warga, tanah retak itu mulai terlihat sepekan terakhir ini, pasca di wilayah setempat terjadi hujan lebat. Jalurnya, mulai dari atas Gunung Wilis, ke bawah. Lebar keretakan tanah ada yang mencapai 60 cm dengan kedalaman yang belum terdeteksi.
Saat ini, pihak BPBD Kabupaten Ponorogo sudah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Dan Geofisika Jawa Timur, dan Badan Geologi Kementrian ESDM  Bandung, guna mempelajari keretakan tanah yang terjadi di lereng Gunung Wilis
Sumber;lawupos.net
Lihat Berita lainnya;peta95.blogspot.com


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »