Butuh Relawan Untuk Membantu Korban Longsor Di Ngebel Ponorogo

“Butuh Relawan Untuk Membantu Korban Longsor Di Ngebel Ponorogo”



Peta95.blogspot.com-Dalam suasana gerimis kawasan telaga Ngebel siang kemarin (26/4), puluhan relawan berpakaian khas rescue tampak sigap. Mereka berkumpul di tanah lapang. Diburu waktu, relawan search and rescue (SAR) berusaha membangun tenda pengungsian secepat mungkin. Tenda itu untuk tempat mengungsi warga setempat yang dilanda bencana longsor.
Kecepatan relawan bencana dalam menangani pengungsi dilatih di kawasan telaga Ngebel. Mereka mengikuti diklat search and rescue (SAR) gunung, rimba, dan laut yang diadakan BPBD Ponorogo. Peserta diklat sebanyak 70 orang dari berbagai latar belakang. Mulai Tagana, Mapala, Brigade Penolong Pramuka, Satpol PP dan kepolisian. ‘’Semua unsur dilibatkan dalam simulasi penanganan bencana,’’ ujar pelatih diklat SARLettu Laut Erdis Supri Sancoko.
Anggota Dinas Potensi Maritim Lantamal V Surabaya itu menambahkan, relawan bakal dilatih di semua medan, darat hingga air, selama dua hari. Peserta digembleng materi penanganan bencana oleh tim dari Surabaya. Pada materi awal, relawan dilatih mendirikan tenda pengungsian. Hanya dalam waktu setengah jam, tenda sudah harus siap ditempati pengungsi, tegak dan aman. ‘’Akan ada materi juga penyelamatan di bukit sebagai contoh penanganan bencana longsor,’’ tambahnya.
Menurut Erdis, pemilihan Ngebel sebagai tempat diklat lantaran medan lengkap. Ada bukit dengan hutan yang lebat dan ada pula telaga untuk latihan penanganan di air. Selain itu, di kawasan itu juga ada potensi bencana. Termasuk, antisipasi penyelamatan wisatawan jika terjadi insiden di telaga.
Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Ponorogo Hery Sulistyono mengatakan, pelatihan dilakukan lantaran sekarang banyak bencana yang telah melanda. Kondisi itu membutuhkan banyak relawan yang siaga sewaktu-waktu. Mereka harus siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. ‘’Relawan juga harus mempunyai pengetahuan kesiapsiagaan bencana. Pelatihan ini sebagai sarana mengenal medan alam yang terjal,’’

Sumber;radarmadiun
Lihat Berita lainnya;peta95.blogspot.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »