"(CFD) di Jalan Suromenggolo Tinggalkan Sampah Berserakan"

"(CFD) di Jalan Suromenggolo Tinggalkan Sampah Berserakan"
 

Ponorogo-Car free day (CFD) di Jalan Suromenggolo tiap hari Minggu memang menyedot perhatian warga. Banyak aktivitas di lokasi itu, mulai berolahraga, berkumpul bersama komunitas, atau sekadar menikmati suasana pagi. Berkumpulnya banyak orang dimanfaatkan pedagang menjajakan aneka kebutuhan.



Sayang, selesai car free day, banyak sampah berserakan ditinggal begitu saja. Padahal, pemkab mengklaim sudah menyiapkan banyak tempat sampah di sepanjang Jalan Suromenggolo. ‘’Kami akui kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya masih kurang,’’  ujar Kabid Kebersihan dan Pertamanan (BKP) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Ponorogo, Henry Indrawardhana.
Menurut Henry, warga yang beraktivitas di CFD memang banyak menikmati kuliner. Tapi yang disayangkan, bekas bungkus makanan yang didominasi anorganik seperti plastik, dibuang begitu saja. ‘’Sampah organik mungkin hanya 30 persen,’’ tambahnya.
Henry mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah menyediakan tempat sampah di sepanjang areal CFD. Pun, petugas harus tetap turun tangan membersihkan Jalan Suromenggolo begitu CFD selesai atau paling lambat Minggu sore. Kontainer sampah di Jalan Anggrek juga sudah disiapkan untuk mengangkut sampah.
Jika dirata-rata, sampah dari kontainer di Jalan Anggrek mencapai 12 meter kubik per hari. Sampah-sampah akan dibuang di TPA Mrican yang memiliki luas 2,6 hektare dan saat ini sudah terpakai 1,9 hektare. ‘’Per hari 45 ton sampah dikirim ke TPA Mrican, dari berbagai wilayah di Ponorogo,’’ katanya.
Dijelaskan, menangani sampah tidak melulu soal membersihkan semata. Sampah sudah seharusnya disadari menjadi tanggung jawab bersama demi lingkungan. Apalagi, CFD jelas diidamkan sebagai tempat yang bersih bagi warga untuk menikmati suasana pagi. ‘’Memberi imbauan saja tidak cukup, kesadaran harus tumbuh dari masyarakat dengan membuang sampah pada tempatnya,’’ paparnya.
sumber;radarmadiun.co.id
Lihat berita ponorogo disini;peta95.blogspot.com


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »