Malas Rawat Kendaraan Dinas,KLH Beri Peringatan

“Malas Rawat Kendaraan Dinas,KLH Beri Peringatan”


Peta95.blogspot.com-Pegawai di lingkup pemkot yang dibekali kendaraan untuk menunjang tugas sehari-hari terindikasi malas melakukan servis rutin aset pelat merah tersebut. Setidaknya, puluhan motor dinas (motdin) gagal melewati uji emisi. ‘’Sebagian besar karena perawatan yang kurang baik,’’ ungkap Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Madiun Muntoro Danardono, kemarin (20/4).

Muntoro merinci, sepanjang dua hari uji emisi sejak Selasa (19/4) lalu, KLH sudah melakukan pengujian terhadap 290 kendaraan dinas. Hasilnya, di hari pertama sebanyak 33 motdin dinyatakan tidak lulus. Sedangkan di hari kedua tercatat 37 kendaraan serupa yang gagal melewati pengujian.
Puluhan motdin yang tidak lulus uji emisi tersebut, lanjut dia, dari berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) seperti badan pengelolaan keuangan dan aset Daerah (BPKAD), badan kepegawaian daerah (BKD), dinas pasar, dinas pekerjaan umum (DPU), satpol PP, dan dinas kesehatan. ‘’Kendaraan itu rata-rata keluaran tahun 2010 ke bawah,’’ ujarnya.
Muntoro mengatakan, puluhan motdin itu tidak lulus pengujian karena emisi gas buang melebihi ambang batas sesuai Permen LH Nomor 5 Tahun 2006. ‘’Selain faktor perawatan, kompresi ban kurang sehingga onderdil juga cepat aus dan pekerjaan mesin semakin berat,’’ paparnya.
Usai uji emisi, kata dia, KLH akan melayangkan surat pemberitahuan kepada pimpinan masing-masing SKPD terkait tindaklanjut kendaraan dinas yang tidak lulus pengujian. ‘’Tindaklanjutnya apa, terserah masing-masing pimpinan. Pada prinsipnya kendaraannya memang butuh cek berkala,’’ tegas Muntoro.
Uji emisi kendaraan dinas, lanjut dia, akan berlanjut hingga hari ini. Pengujian menyasar sedikitnya 700 kendaraan pelat merah, baik roda dua, empat, maupun angkutan barang berbahan bakar premium. Ratusan kendaraan itu berasal dari 34 SKPD di pemkot yang saat ini masih aktif digunakan. ‘’Uji emisi ini kami lakukan rutin setiap tahun,’’ pungkasnya.
sumber;radarmadiun.co.id
 Lihat Berita lainnya;peta95.blogspot.com


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »